Beranda | Artikel
Zalim Tanpa Sadar
Selasa, 6 Desember 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Zalim Tanpa Sadar merupakan bagian dari kajian Islam yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022 M.

Kajian Tentang Zalim Tanpa Sadar

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri, mau tidak mau kita akan berinteraksi dengan orang lain. Mulai dari orang-orang terdekat, ayah dan ibu, suami atau istri, kakak atau adik, anak-anak, dan orang-orang yang masih kerabat dengan kita. Mulai dari orang yang bertetangga, atau rekan kerja di kantor, atau yang kita temui di jalanan, di pasar, dan di tempat-tempat umum. Mau tidak mau kita harus berinteraksi dengan mereka.

Islam mengajarkan bahwa seorang manusia ketika berinteraksi dengan orang lain, maka ada aturan yang harus diperhatikan. Ada hak-hak mereka yang harus ditunaikan, dan ada kewajiban yang harus kita jalankan.

Tentunya hak satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda. Kewajiban kepada orang yang kita kenal dengan yang tidak kita kenal, tentu tidak sama. Kewajiban kita kepada orang yang punya hubungan darah tidak sama dengan kewajiban terhadap orang yang tidak punya hubungan darah.

Yang perlu dipahami bahwa semakin dekat hubungan seseorang dengan kita, maka hak dia atas kita semakin besar. Sehingga haknya bapak dan ibu lebih besar daripada haknya bos kita. Haknya suami/istri lebih besar daripada haknya teman arisan. Haknya anak lebih besar daripada haknya teman group WA.

Hal ini harus kita pahami. Karena kenyataannya justru tidak sedikit orang-orang terdekat tadi yang malah sering mengalami perilaku tidak terpuji dari kita. Tidak jarang ayah dan ibu jadi korban dari perilaku buruk anaknya, padahal anak punya kewajiban yang sangat besar kepada orang tua. Betapa banyak anak yang jadi korban perilaku buruk bapak dan ibunya, padahal hak anak atas orang tuanya sangat besar. Betapa banyak suami yang jadi korban perilaku buruk istrinya, padahal kewajiban istri kepada suami sangat besar atau sebaliknya.

Ketahuilah bahwa apa yang kita lakukan hari ini di dunia ada pertanggungjawabannya di akhirat. Jangan pernah berpikir bahwa perilaku kita di dunia itu tidak ada konsekuensinya di akhirat. Apalagi seandainya yang kita lakukan itu adalah perbuatan zalim. Dan itu sayangnya sering terjadi terhadap orang-orang yang sangat dekat dengan kita. Ketahuilah bahwa perbuatan zalim itu akibatnya mengerikan, baik di dunia atau di akhirat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52478-zalim-tanpa-sadar/